Friday, October 28, 2005

Perubahan emosi

Emosiku terbawa sangat jauh dalam rentang lima menit ini. Mungkin karena dari tadi siang aku ditemani oleh Ravi Shankar, soundtrack film yang "serius", dan malam ini aku mulai merubah ke The Corrs. Aku hanya mendengar "Summer Sunshine" dan "Would You Be Happier?" Hal tersebut mengganggu pikiranku belakangan ini: Apakah kita yang merubah lingkungan sekitar kita untuk disesuaikan dengan keadaan emosi kita atau kita merubah emosi kita (lepas dari keadaan kesadaran kita, sub sadar ataupun tidak sadar) dengan mengatur lingkungan sekitar kita? Aku pernah mendengar pendapat yang mengatakan kalau hal itu adalah suatu siklus, di mana kita menyesuaikan sekitar kita terhadap emosi kita, dan kita menyesuaikan emosi kita terhadap lingkungan sekitar kita. Mungkin aku kurang mengerti konsep dari kalimat itu, karena kalau memang seperti itu, berarti hanya ada dua emosi, yaitu emosi positif yang sangat kuat (karena diperkuat oleh siklus yang terus-menerus ke arah emosi yang posifit) dan emosi negatif yang sangat kuat.

No comments: