Sunday, August 04, 2013

Manual Singkat Calon Bapak (Trimester Pertama)

Istri Anda hamil, selamat. Ini adalah kali pertama kalian hamil. Kehidupan keluarga kalian sedang berkembang dan sebentar lagi kalian akan bertambah banyak. Satu lagi anggota keluarga akan datang, semua orang menantikan dengan harap harap cemas.

Artikel ini dipersiapkan untuk calon bapak. Manual ini ditulis atas pengalaman dari eks calon bapak. Tanpa membahas hal detil, artikel ini lebih bertujuan memberikan panduan umum bagi para suami dalam mempersiapkan diri mereka mendampingi proses kehamilan sang istri. Kalau saat membaca ini Anda bingung, kemungkinan besar artikel ini memang untuk Anda.

Selain senang, kita kaum Bapak tidak mengalami perubahan apa-apa, sehinnga reaksi yang lumrah adalah bingung. Di mana-mana Bapak-bapak terlihat bingung. Di tempat senam hamil, di klinik menanti janji dengan dokter, di supermarket saat mencari teh yang dapat menghilangkan mual sang Istri, apalagi di ruang persalinan. Kita kebanyakan energi dan kita tidak tahu harus melakukan apa-apa.
Jangan kuatir, setengah tanggung jawab Anda sudah selesai dengan bersikap betul-betul bingung. Itu artinya Anda ingin melakukan sesuatu, tidak tinggal diam saja.
Sadarlah kalau kehamilan itu adalah peristiwa yang dihadapi oleh keluarga, jadi Anda juga hamil. Jangan anggap itu sebagai kebanggaan, Istri Anda yang hamil dan menghadapi semua perubahan fisik dan kimiawi, ucapkan "Kami hamil," dengan nada bahwa Anda sadar bahwa Anda juga punya peran yang besar di dalam masa kehamilan ini.
Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam masa kehamilan.

  • Santai. Tidak usah berlebihan menghadapi kehamilan ini, anggap ini sebagai proses pembelajaran kalian berdua. Ingat, banyak orang yang tidak sepintar kalian sudah berhasil melahirkan dan membesarkan anak, jadi batas toleransi penanganan kehamilan itu sangatlah besar. Tuhan itu Maha Besar, Dia tahu kalian belum berpengalaman sebelumnya. Banyak hal terjadi dengan sendirinya tanpa kalian sadari. Nikmati masa ini.
  • Jangan terlalu cepat panik. Menimang kalian sampai ke blog ini, berarti kalian tech savvy dan internet savvy. Kemungkinan besar kalian di laptop atau mencari melalui smartphone, mengetik kata hamil, bayi dan membaca entah apa yang ada di Internet. Ada banyak bahan di Internet, jadi membaca sebanyak itu pikiran kalian akan mengingat hal yang berlebihan saja. Jangan terburu takut oleh cerita-cerita penderitaan di masa kehamilan yang ekstrim. Kalau memang ada kecurigaan akan penyakit tertentu, konsultasikan ke dokter terlebih dahulu. Mereka adalah kaum profesional yang memang belajar dan bekerja untuk hal ini, bukan kami para blogger amatiran yang mengetik di kala luang. 
  • Kalau ingin bertanya pada orang lain selain dokter mengenai pengalaman kehamilan, bertanyalah pada orang yang pernah hamil, jangan hanya membaca blog saja. Membaca blog itu bagus, karena membuka wawasan secara cepat, tapi kalian perlu mencocokkan pengalaman tersebut dengan yang kalian hadapi. Orang/keluarga yang pernah hamil 
  • Perhatikan Istri. Dialah tonggak utama dalam proses kehamilan ini. Bayinya di perut dia, bukan perut Anda. Pijat kaki dan pijat pinggang adalah kemewahan baginya, selalu siap untuk melakukannya. Kalau tidak ada permintaan, tawarkan. Kemungkinan besar dia sering mual, cari tahu aroma tertentu yang mendorong mualnya. Buang. Cobalah teh-teh anti mual, atau cari tahu apa yang berhasil bagi teman-teman dan keluarga. Coba semuanya. Diantar semua teh anti mual dan lilin aromaterapi, ternyata istri Saya suka balsem Vick's. Ya sudah, siapkan. Di kamar, di mobil, di kantor, kalau perlu tebarkan Vick's di setiap radius 5 m dari rumah ke kantor ke rumah mertua ke supermarket terdekat. Bodo amat. Prioritas utama adalah buat istri Anda senyaman mungkin. Perlihatkan perhatian Anda
  • Jangan sebel kalau istri ngidam. Itu peluang bagi Anda untuk menjadi berguna. Proses ini adalah proses yang menyenangkan, percaya atau tidak Anda akan menceritakannya sampai anak kalian punya anak. Jadi buatlah seluruh proses ini menyenangkan. Tidak apa-apa sedikit berlebihan, manjakan dirinya.
Sudah, itu saja yang paling penting. Sekarang silahkan lanjutkan menjelajah ke situs lain, galilah informasi sebanyak-banyaknya. Teknik penanganan kehamilan dalam medis berubah terus-menerus, jadi membaca teknik mutakhir memberikan kalian banyak persiapan.

No comments: