Friday, March 23, 2007

Hard work

Aku seringkali diprotes perihal waktu dan jumlah tidurku oleh orang-orang yang paling kusayangi. Yang aku ingin mereka pahami adalah ini bukanlah atas dasar preferensi, namun keharusan. Aku tidak lagi percaya akan bakatku, sehingga aku hanya punya usaha. Kalau membaca satu kali tidak cukup untukku memenuhi kebutuhan, aku hanya akan membaca empat kali. Kalau satu buku tidak membantuku mencapai tujuanku, mungkin tiga buku akan berhasil. Aku tidak menolak tidur, tapi aku hanya akan tidur karena aku harus. Lebih mudah bagiku untuk memandang diriku sebagai seseorang yang serba kekurangan, sehingga emosi yang pertama yang kumiliki terhadap sesuatu yang baru adalah passion.

Aku melihat diriku kurang fokus. Disamping melatih kemampuan ini, aku mengisi kekuranganku dengan kemampuan untuk berpindah-pindah fokus dan menjaga perhatian pada keseluruhan fokus itu pada gambaran umum.

Terakhir, aku mungkin mampu untuk tidak berhasil, tapi orang-orang yang kucintai seharusnya tidak menderita. Bagiku hanya ada dua pilihan, berhasil atau akan berhasil (sedang mencoba).

Tidak ada hal lain yang seadil waktu bagi semua orang. Kita tidak diberi semenit lebih atau kurang dari orang lain. Beberapa menghargainya lebih dari yang lain dan mendapatkan manfaatnya. Kenapa aku tidak? Dan bila aku belum menghargainya di masa lalu, tidak terlambat bagiku untuk memulai sekarang. Tidak semua hal berhasil pada saat percobaan yang pertama. Yang perlu dilakukan adalah mencoba lagi.

No comments: