Tuesday, March 13, 2007

Let him do something

Di milis yang jarang kuperhatikan, ternyata baru-baru ini mereka sangat antusias untuk memojokkan seseorang yang dianggap 'nyeleneh', keluar dari dogma yang ada yang mengklaim dirinya sebagai sesuatu yang baru. Kuperhatikan tulisannya sangat provokatif dan berani. Kuperhatikan juga, yang menyanggahnya adalah kaum yang sangat dihormati di 'dunia lama', kumpulan orang-orang yang sangat kokoh berdiri di keahlian mereka masing-masing. Dan si 'orang baru' ini dengan beraninya melawan mereka satu persatu, berulang-ulang, hanya untuk menyatakan bahwa dirinya adalah sesuatu yang baru.

Kelanjutan dari thread itu sangat malas untuk kuikuti, karena isinya hanya tanggapan dari yang lain mengenai pendapat kaum yang dihormati itu sendiri. Aku menjadi hilang keinginan untuk membacanya, karena mereka sama sekali tidak membiarkan si orang baru ini untuk melanjutkan kalimatnya. Setelah beberapa minggu aku baru mampu untuk merangkum pendapatku terhadap situasi ini.

Kenapa tidak dibiarkan saja orang itu melakukan apa yang diinginkannya? Biarkan saja dia mencoba, toh dia punya keberanian untuk mencoba. Yang gagal dia, yang berhasil dia, yang sakit dia. Lead, follow or get out of the way.

No comments: